Senyum Marquez Usai Tes MotoGP Mandalika

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez puas dengan hasil tes MotoGP Mandalika 2022 meski hanya mampu berada di posisi sembilan.

Marquez mengakhiri hari terakhir tes MotoGP Mandalika 2022, Minggu (13/2), berada di posisi ke-14. Namun secara catatan waktu kombinasi tiga hari, juara dunia MotoGP enam kali itu berada di posisi kesembilan, terpaut 0,421 detik dari Pol Espargaro.

Meski kalah dari rekan setimnya di Repsol Honda, Marquez optimistis siap mengarungi MotoGP 2022. Pembalap asal Spanyol itu percaya diri menjalani musim setelah melahap 74 lap di tes MotoGP Mandalika.

“Saya senang dengan hasil akhir pra-musim ini. Tentu anda akan selalu ingin lebih banyak [tes], tapi kami bahagia dengan hasilnya, terutama di Mandalika,” kata Marquez dikutip dari AS, Senin (14/2).

Pembalap 28 tahun itu mengungkapkan Honda banyak melakukan perubahan dibandingkan tes sebelumnya di Sirkuit Sepang, Malaysia. Hal tersebut tak lepas dari rencana tim untuk menguji setelan baru Honda RC213V untuk menghadapi musim kompetisi.

“Sepeda motor ini punya potensi, di lap pertama saya bisa melesat cepat tapi untuk mencapai level kecepatan [yang diinginkan] cukup sulit untuk saya,” ujar dia.

Marquez sempat merasa kecewa ketika melihat dirinya ada di peringkat ke-14 dalam catatan waktu pada hari terakhir tes MotoGP Mandalika. Namun hal itu terjadi karena Honda melakukan banyak percobaan.

“Hari ini saya finis di tempat ke-14, saya belum siap. Memang benar saya membalap dengan cepat. Saya memiliki kecepatan yang baik dengan pengendalian yang apik. Kami mencoba beberapa pengaturan [di sepeda motor] baru,” ucapnya.

“Kami mencoba setelan berbeda dan catatan waktu terus membaik. Ketika Anda merasakan sensasi itu, maka potensinya ada. Benar ini Mandalika trek yang spesial, sedikit licin dan di kondisi itu biasanya saya merasa bagus. Tapi pada akhirnya cengkeraman bagus, saya senang, karena kami meninggalkan tes Mandalika dengan hasil bagus,” ujar Marquez.

Balapan pertama musim ini akan berlangsung di MotoGP Qatar, 6 Maret mendatang.

Related posts