Sutradara Drive My Car Kaget Bisa Dapat Nominasi Oscar 2022

Sutradara Drive My Car, Ryusuke Hamaguchi, terkejut saat mengetahui filmnya berhasil meraih empat nominasi Piala Oscar 2022. Ia tidak pernah membayangkan bahwa karyanya bakal bersaing dalam penghargaan film bergengsi itu.

“Saya tidak pernah membayangkan bahwa saya benar-benar menjadi pesaing,” kata Hamaguchi seperti diberitakan Variety, Rabu (18/2) waktu Amerika Serikat.

“Terkait kampanyenya, itu merupakan usaha keras orang-orang di [rumah produksi] Janus yang membuat rekomendasi ini. Mereka juga memiliki hubungan yang sangat kuat dengan para kritikus dan bagian lain dari komunitas,” sambungnya.

Hamaguchi juga menyebut ketika Drive My Car diumumkan sebagai nominasi Oscar, ia tengah berada di pesawat. Ia menerima sekitar 60 pesan teks setelah mendarat.

Dalam ajang Piala Oscar 2022, Drive My Car mendapatkan empat nominasi bergengsi, yaitu kategori Best Picture, Best Director untuk Ryusuke Hamaguchi, Best Adapted Screenplay, dan Best International Feature.

Drive My Car menorehkan rekor sebagai film Jepang pertama yang masuk nominasi Best Picture.

Sementara itu, Hamaguchi menjadi sutradara Jepang ketiga yang masuk nominasi kategori Best Director, menyusul Hiroshi Teshigahara pada 1965 dan Akira Kurosawa 20 tahun kemudian.

Film berdurasi hampir tiga jam ini akan bersaing dengan nominasi lain seperti The Power of the Dog, Belfast, West ide Story, Nightmare Alley, hingga CODA.

Diadaptasi dari kumpulan cerita pendek Haruki Murakami berjudul Men Without Women, Drive My Car berkisah tentang seorang aktor dan sutradara teater bernama Yusuke Kafuku (Hidetoshi Nishijima) yang hidupnya menjadi luntang lantung setelah kematian sang istri.

Dua tahun kemudian, ia menerima tawaran menyutradarai produksi teater bertajuk Uncle Vanya di Hiroshima.

Demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan karena masih berduka, Kafuku dipinjamkan sopir sewaan bernama Misaki Watari (Toko Miura). Ia merupakan seorang perempuan pendiam yang sangat mahir mengemudi.

Kafuku semula ragu dengan kemampuan mengemudi Watari. Namun, setelah berbagai pembuktian dan perjalanan, keraguan itu luntur dan perjalanan mereka berubah menjadi cerita istimewa.

Drive My Car mengikuti perjalanan Kafuku dan Watari yang penuh dengan cerita tentang hidup dan kehidupan masa lalu menggunakan mobil Saab 900 berwarna merah milik Kafuku.

Related posts