Juara Tinju Ukraina Vasiliy Lomachenko Ikut Perang Lawan Rusia

Juara dunia tinju asal Ukraina Vasiliy Lomachenko resmi ikut perang melawan Rusia. Lomachenko menjaga wilayah Ukraina di Belgorod-Dnestrovsky.

Melalui akun Facebook miliknya Lomachenko mengunggah foto sedang menjaga wilayah Belgorod-Dnestrovsky dari gempuran militer Rusia.

Dikutip dari ESPN, Lomachenko berada di Yunani ketika Rusia mulai menggempur wilayah Ukraina pekan lalu. Petinju 34 itu kemudian kembali ke Ukraina untuk menjaga keluarganya di wilayah Odessa.

“Batalyon pertahanan teritorial Belgorod-Dnestrovsky telah dibentuk dan dipersenjatai. Dalam pertahanan teritorial, petinju Vasily Lomachenko melapor kepada wali kota Vitaliy Grazhdan,” tulis Lomachenko melalui Facebook.

Lomachenko merupakan peraih medali emas Olimpiade 2008 Beijing dan 2012 London. Selain merebut gelar juara Eropa dan Dunia, Lomachenko juga sempat berstatus juara dunia kelas ringan WBA dan WBO.

Terakhir Lomachenko sukses merebut gelar WBO Inter-Continental usai mengalahkan Richard Commey pada 11 Desember 2021. Dalam waktu dekat Lomachenko dijadwalkan menghadapi George Kambosos di Australia pada 5 Juni 2022.

Lomachenko bukan satu-satunya petinju Ukraina yang ikut berperang menghadapi invasi Rusia. Sebelumnya kakak-adik legenda tinju Ukraina, Vitali dan Wladimir Klitschko, juga sudah mendaftar ke militer Ukraina untuk berperang.

“Kami sangat bangat dengan para petinju kami, juara sejati kami dalam tinju dan jaura sejati kami dalam perang ini. Kami sangat bangga menjadi orang Ukraina,” ujar Presiden WBC Ukraina Mykola Kovalchuk.

Related posts