Kementan Kucurkan KUR Taxi Alsintan ke Petani Jawa Timur

Kementan Kucurkan KUR Taxi Alsintan ke Petani Jawa Timur

Lesartweek.com – Kementerian Pertanian (Kementan) semakin masif merealisasikan program Taxi Alsintan (Alat Mesin Pertanian) melalui fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR). Setelah sebelumnya mengucurkan KUR Taxi Alsintan kepada petani di Sumatera Selatan (Sumsel) dan Jawa Barat (Jabar), kini Kementan menyalurkannya kepada petani di Jawa Timur (Jatim).

Read More

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, program Taxi Alsintan digulirkan agar masyarakat mampu mengadakan alsintan secara mandiri, sehingga tidak lagi tertuju pada bantuan pemerintah melalui APBN.

“Taxi Alsintan ini untuk membangun kemandirian petani. Program ini bisa diakses melalui KUR,” kata pria yang akrab disapa SYL tersebut.

Sementara Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menjelaskan, program Taxi Alsintan merupakan ide brilian SYL untuk memastikan mekanisasi ini terus berlanjut dan tidak berhenti hanya karena persoalan anggaran. Sehingga pertanian bisa lebih maju, mandiri dan modern.

Baca Juga:
Kementan Berikan Bibit Unggul, Penangkar Kedelai Optimis Penuhi Produksi Kedelai Lokal

“Saya yakin program ini bisa berhasil karena tanpa kita dorong petani sudah mulai merasakan bahwa alsintan ini sangat dibutuhkan. Ini yang terjadi di Jawa Timur,” terang Ali.

Karena itu, Ali berharap dengan mekanisasi pertanian ini, petani di Jawa Timur, khususnya Lamongan dan sekitarnya terus terpacu untuk berproduksi. Sehingga bisa memaksimalkan lahannya untuk IP-400, yakni tanam dan panen empat kali dalam setahun.

“Dengan alsintan, pertanian semakin efisien, Insya Allah bisa panen dan tanam empat kali dalam setahun,” kata Ali.

Lebih jauh Ali menjelaskan, pergerakan program Taxi Alsintan ini telah dimulai sejak awal tahun dan sampai akhir Maret ini untuk difokuskan pada wilayah dengan zona hijau. Zona hijau ini merupakan wilayah yang potensial dan daerah sentra utama produksi padi nasional.

“Kami optimis program KUR Taxi Alsintan ini akan berjalan sukses setelah melihat makin banyak petani yang bersemangat untuk melakukan pembelian sendiri. Ini patut kita syukuri,” ujar Ali.

Baca Juga:
Penuhi Kebutuhan Kedelai, Kementan Siap Kembangkan Benih Nasional

Direktur Alsintan, Direktorat Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan, Andi Nur Alam Syah bersyukur sejumlah problem dalam proses penyaluran KUR Taxi Alsintan ini bisa mulai teratasi sehingga para petani bisa langsung mendapatkan alsintan yang dikehendakinya.



#Kementan #Kucurkan #KUR #Taxi #Alsintan #Petani #Jawa #Timur

Sumber : www.suara.com

Related posts