Wakil Rakyat Soroti Transparansi Harga Kebutuhan Masyarakat: Benarkah Efek Konflik Rusia?

Wakil Rakyat Soroti Transparansi Harga Kebutuhan Masyarakat: Benarkah Efek Konflik Rusia?

Lesartweek.com – Harga minyak turut terdorong menguat terdampak konflik Rusia dan Ukraina. Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi VII DPR Dony Maryadi Oekon berharap, pemerintah segera bertindak secara transparan dalam menangani kabar kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG.

Read More

“Ini beban yang sangat berat, karena kita masih mengkondisikan harga tidak terikat kepada harga minyak dunia. Akhirnya, pemerintah harus mengeluarkan dana untuk subsidi BBM. Ini beban yang sangat berat untuk kita,” ungkap Dony usai mengikuti pertemuan Pimpinan dan Anggota Komisi VII DPR dengan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva, pada Senin (7/3/2022).

Ia berharap, Pertamina dan pemerintah memberi penjelasan kepada masyarakat terkait situasi negara. Menurut dia, pemerintah juga perlu menyampaikan informasi pergerakan harga BBM dan energi agar tidak terjadi permainan harga di masyarakat.

“Fungsi pemerintah juga harus mengontrol harga. Jadi, beban BBM, beban energi terhadap produk yang mereka jual itu berapa besar? Jika kenaikannya bertambah dari harga cuma naik 2 persen, ya sepantasnya naik cuma 2 persen. Jangan jadi 30 persen dari harga. Itu tidak pantas,” tegas Dony dikutip via Warta Ekonomi.

Baca Juga:
Rusia Dikucilkan Negara Barat Secara Ekonomi, Harga Minyak Dunia Jadi Melonjak

Ia juga menegaskan, Komisi VII DPR RI akan terus mengawal pemerintah terkait isu kenaikan harga tersebut agar tidak membebani masyarakat dan menghindari efek domino kenaikan harga.

Dony menjelaskan, pihaknya akan mempertanyakan dan mengevaluasi kepada pemerintah apabila adanya kenaikan harga.

“Masalah kenaikan harga minyak ini sudah global, sudah mendunia. Jadi, memang kita sama-sama harus melihat bahwasanya ini (Ukraina-Rusia) harus berdamai supaya kita tidak terkena dampak,” tuturnya.  

Ia berharap, pemerintah mampu menjaga ketersediaan energi serta mengangkat sektor energi terbarukan yang kini sedang gencar menjadi pilihan sumber energi alternatif lain.

“Kita berharap kita bisa menjelaskan kepada masyarakat situasi terkini, agar masyarakat tahu dan tidak merasa dibohongi nantinya,” tutup Dony.  

Baca Juga:
Viral, PSI Jual Minyak Goreng Murah Rp 10 Ribu, Netizen Sindir Keras: Kalian beli dimana?



#Wakil #Rakyat #Soroti #Transparansi #Harga #Kebutuhan #Masyarakat #Benarkah #Efek #Konflik #Rusia

Sumber : www.suara.com

Related posts