Korban Binomo dan Quotex Bisa Dapat Ganti Rugi, Begini Penjelasan Wakil Ketua LPSK

Korban Binomo dan Quotex Bisa Dapat Ganti Rugi, Begini Penjelasan Wakil Ketua LPSK

Lesartweek.com – Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Achmadi menyebut, korban opsi biner (binary option) Binomo dan Quotex bisa mendapatkan ganti rugi melalui mekanisme restitusi atau ganti rugi menggunakan aset pelaku yang disita aparat penegak hukum.

Read More

“Para korban dapat mengajukan permohonan perlindungan ke LPSK untuk dilakukan penilaian kerugiannya,” kata Achmadi, Minggu (13/3/2022).

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah menetapkan Doni Salmanan dan Indra Kenz sebagai tersangka atas dugaan sejumlah tindak pidana yang berkaitan dengan Binomo dan Quotex, antara lain tindak pidana pencucian uang.

Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 menjelaskan, korban tindak pidana berhak memperoleh restitusi dan LPSK berwenang melakukan penilaian ganti rugi tersebut serta menjadikannya prioritas.

Baca Juga:
Penerima Dana Indra Kenz Bisa Dipidana, Polisi Minta Uang Dikembalikan, Termasuk Giveaway?

“Pada intinya kami berharap aset-aset dari hasil kejahatan yang dilakukan oleh pelaku dapat dikembalikan kepada para korban,” kata Achmadi.

Sehingga, Achmadi meminta para korban yang mengalami kerugian segera melapor kepada Kepolisian RI untuk mendapatkan status hukum, kemudian para korban bisa menghubungi LPSK guna mengajukan perlindungan berupa fasilitasi restitusi.

“Kami berharap kepada para korban untuk melaporkan kepada pihak kepolisian atau LPSK dan segera mengajukan ganti kerugian melalui mekanisme restitusi, yang tentunya dengan bukti dan data pendukung,” kata Achmadi.

Menurut Achmadi, mengingat proses hukum baru berjalan, peluang pengembalian ganti rugi kepada korban melalui restitusi masih terbuka lebar, tapi keputusan akhirnya akan bergantung pada hakim.

“Kami berharap penyidik dan jaksa penuntut dapat memasukkan pengajuan restitusi korban ke dalam berkas penuntutan, dengan begitu keadilan untuk korban dapat diwujudkan melalui mekanisme restitusi yang sumber pembayarannya didapatkan dari hasil penyitaan aset pelaku,” pungkas Achmadi.

Baca Juga:
Denny Darko Ramal 3 Afiliator Ini Akan ‘Temui’ Indra Kenz dan Doni Salmanan



#Korban #Binomo #dan #Quotex #Bisa #Dapat #Ganti #Rugi #Begini #Penjelasan #Wakil #Ketua #LPSK

Sumber : www.suara.com

Related posts