Pasokan Gas Tercukupi, Pabrik Pupuk Iskandar Muda Kembali Beroperasi

Pasokan Gas Tercukupi, Pabrik Pupuk Iskandar Muda Kembali Beroperasi

Lesartweek.com – Anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Iskandar Muda, memastikan pabrik PIM-2 beroperasi kembali dengan pasokan gas yang aman untuk memenuhi pasokan pupuk di wilayah Sumatera bagian utara.

“Kami tegaskan kembali bahwa pabrik PIM-2 tidak mengalami kendala pasokan gas. Saat ini pasokan gas dari Medco kami yakinkan baik-baik saja. Pada Jumat kemarin sempat mati karena ada kendala teknis di internal, namun kini sudah siap berjalan normal kembali,” kata Direktur Utama PT Pupuk Iskandar Muda Budi Santoso Syarif, Minggu (13/3/2022).

Ia juga mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Kementerian ESDM selama ini untuk mengamankan pasokan gas untuk beroperasinya pabrik-pabrik PT PIM tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas upaya-upaya yang dilakukan Menteri ESDM yang saat ini juga tengah mengupayakan datangnya lima kargo yang diperuntukkan bagi reaktivasi PIM-1,” kata Budi.

Baca Juga:
Dukung Program Erick Thohir, Pupuk Indonesia Bentuk Srikandi BUMN dan BUMN Muda

Dukungan dari Menteri ESDM untuk reaktivasi ini, kata Budi, sangat membantu hal ini terlebih dengan konflik di Eropa Timur yang menyebabkan banyak negara justru sedang mengalami kekurangan pasokan gas.

“Komunikasi kami dengan Kementerian ESDM dan juga SKK Migas cukup intens terkait hal ini,” kata Budi.

Budi juga menjelaskan bahwa reaktivasi pabrik PIM-1 yang dilakukan beberapa waktu lalu, menggunakan LNG sisa dari alokasi kargo pada 2021.

“Alhamdulillah, pihak Kementerian ESDM akan mengupayakan pengalihan kargo dari tempat lain agar bisa digunakan oleh PIM-1,” kata Budi.

Budi menjelaskan pabrik PIM-1 yang sudah bisa beroperasi lagi setelah mati suri selama 10 tahun kini sudah bisa diaktivasi kembali. Namun, saat ini pengoperasiannya sedang dihentikan sementara dan alokasi gasnya akan digunakan sebagai cadangan bagi pabrik PIM-2.

Baca Juga:
PA 212 Ungkap Alasan Geruduk Pabrik Sepatu di Sukabumi, Abu Jibril: Kontrol Sosial

Budi menambahkan bahwa PT PIM pada 2022 menargetkan produksi urea sebesar 640 ribu ton. PIM juga sedang melakukan diversifikasi produk dengan membangun pabrik NPK berkapasitas 500 ribu ton per tahun.



#Pasokan #Gas #Tercukupi #Pabrik #Pupuk #Iskandar #Muda #Kembali #Beroperasi

Sumber : www.suara.com

Related posts