Luhut Binsar Pandjaitan Sebut Indonesia Belum Siap Masuki Era Endemi

Luhut Binsar Pandjaitan Sebut Indonesia Belum Siap Masuki Era Endemi

Lesartweek.com, JAKARTA — Sejumlah negara tengah melakukan persian untuk beralih dari era pandemi ke endemi. Salah satu negara yang bersiap itu adalah Arab Saudi dan tetangga Indonesia, yakni Malaysia.

Terkait itu, Koordinator PPKM di Pulau Jawa dan Bali, sekaligus Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa Indonesia masih belum siap menyongsong era endemi. Hal tersebut karena capaian vaksinasi yang belum mencapai target.

“Beberapa negara seperti Arab Saudi dan Malaysia mulai melakukan transisi dari pandemi ke endemi, pertimbangan utamanya adalah tingkat vaksinasi lengkap dan booster yang sudah tinggi di kedua negara, kita masih tertinggal,” kata dia dalam telekonferensi pers, Senin (14/3).

Adapun, berdasarkan dashboard vaksin.kemkes.go.id per 14 Maret pukul 18.00 WIB, capaian vaksinasi dosis satu sebesar 193.474.037 dosis atau 92,90 persen. Sementara itu, total vaksinasi dosis 2 berjumlah 151.486.424 dosis atau 72,74 persen.

Lalu, untuk vaksinasi dosis 3 atau booster mencapai 14.628.765 dosis atau 7,02 persen. Sasaran vaksinasi di Indonesia sendiri berjumlah 208.265.720 dosis untuk semua kalangan, mulai dari tenga kesehatan hingga anak.

Agar bisa menuju era pandemi, pemerintah pun akan melakukan akselerasi percepatan vaksinasi. Apalagi, saat ini tengah memasuki Bulan Suci Ramadhan.

“Oleh karena itu, pemerintah mendorong mempercepat lagi, ini perlu kita waspadai karena ini menjelang Bulan Ramadan dan lebaran, kita berharap kita lebih bebas (beribadah dengan prokes) dalam Bulan Ramadan,” jelasnya.



#Luhut #Binsar #Pandjaitan #Sebut #Indonesia #Belum #Siap #Masuki #Era #Endemi

Sumber : fajar.co.id

Related posts