Eropa Mulai Ketar Ketir, 4 Resiko Ini Mengancam Jika Rusia Benar-benar Marah

Eropa Mulai Ketar Ketir, 4 Resiko Ini Mengancam Jika Rusia Benar-benar Marah

Lesartweek.com, JAKARTA– Perang antara Rusia vs Ukraina menimbulkan kekhawatiran bagi negara-negara di dunia. Salah satu yang paling menakutkan adalah kemungkinan terjadinya perang dunia ketiga.

Disisi lain, ada pula resiko-resiko yang terjadi jika peperangan Rusia vs Ukraina memanjang. Salah satu yang paling nyata dan didepan mata yaitu terjadinya krisis energi.

Krisis energi sangat mungkin terjadi karena saat ini banyak negara di Eropa yang tengah menjatuhkan sanksi ekonomi kepada Rusia.

Rusia sendiri saat ini belum banyak bereaksi terkait sanksi ekonomi yang dijatuhkan negara-negara barat kepada negeri beruang putih tersebut.

Namun demikian, dunia memang harus waspada karena resiko kegentingan bakal terjadi ketika Rusia “ngambek”.

Berikut Fin.co.id himpun, 4 resiko yang kemungkinan terjadi ketika Putin “Ngambek”:

  1. Eropa terancam gelap gulita

Sebagaimana diketahui, Rusia menyumbang 40 persen gas alam ke negara-negara di kawasan Uni Eropa.

Jika pasokan gas alam tersebut dihentikan oleh Rusia, diyakini Eropa bakal mengalami krisis energi sebagai imbas dari kurangnya pasokan gas alam dari Rusia.

  1. Musim dingin membeku

Selain untuk menghasilkan listrik, pasokan gas alam dari Rusia juga digunakan untuk menghangatkan rumah-rumah ketika musim dingin tiba di Eropa.

Tentu bukanlah hal yang mudah bagi negara-negara di Eropa untuk mencari alternatif pasokan energi dari negara lain, jika Rusia benar-benar menghentikan pasokan gas alam nya ke Eropa.



#Eropa #Mulai #Ketar #Ketir #Resiko #Ini #Mengancam #Jika #Rusia #Benarbenar #Marah

Sumber : fajar.co.id

Related posts