Pakar IT ITB Sebut Makassar Belum Layak Menuju Kota Metaverse

Praktisi IT ITB Sebut Makassar Belum Layak Menuju Kota Metaverse

Lesartweek.com, MAKASSAR – Pakar IT Institut Teknologi Bandung (ITB), Budi Rahardjo menyebut Makassar belum layak menerapkan konsep Metaverse.

Bahkan menurutnya Makassar masih membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa memasuki kota Metaverse.

“Menurut saya belum layak. Kalau untuk tahun ini. Apakah dua, tiga, empat, lima tahun ke depan mungkin. Tapi belum sekarang,” katanya kepada Fajar.co.id, Selasa, (15/3/2022).

Menurutnya, metaverse ini teknologi masa depan, tapi belum untuk saat ini. Karena infrastruktur di Indonesia ini saja masih sering bermasalah.

“Maka yang harus segera dikedepankan dulu infrastrukturnya dulu. Dasar bawahnya dulu, sebagai contoh buatlah misalnya kota Makassar memiliki internet tercepat seluruh Indonesia, termurah,” jelasnya.

Ahli keamanan informasi ini juga mempertanyakan apakah infrastruktur internet di Makassar sudah menjangkau seluruh masyarakatnya.

“Cakupan dari internet. Seberapa kencang, seberapa murah. Jadi kita selesaikan masalah digitalisasi dulu dan infrastrukturnya” sebutnya.

Kemudian kata dia, terkait aplikasi layanan untuk masyarakat seperti apa. “Apakah misalnya sudah ada layanan untuk memperpanjang SIM yang mudah. Memperpanjang KTP yang mudah, cepat. Terus surat-surat izin dan seterusnya,” ujar pria kelahiran Yogyakarta ini.

Menurutnya layanan seperti itu yang dibutuhkan terlebih dahulu. “Bentuknya mau pakai tab, handphone, telepon, mau ke metaverse. Itu hanya masalah bentuk dari teknologi. Semakin ke depan tentunya semakin baik teknologinya,” ujar Dosen ITB ini.



#Pakar #ITB #Sebut #Makassar #Belum #Layak #Menuju #Kota #Metaverse

Sumber : fajar.co.id

Related posts