Kemendagri Dorong Penguatan Budaya ASN BerAKHLAK di Provinsi Gorontalo

Kemendagri Dorong Penguatan Budaya ASN BerAKHLAK di Provinsi Gorontalo

Lesartweek.com, JAKARTA — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong penguatan budaya kerja dan transformasi Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK di Provinsi Gorontalo. BerAKHLAK merupakan nilai dasar bagi ASN yang kepanjangannya Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Hal ini sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo dalam rangka percepatan transformasi ASN.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro saat menjadi narasumber dalam Workshop Penguatan Transformasi Budaya Kerja BerAKHLAK dan Pengukuhan Pengurus Komwil Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) Provinsi Gorontalo Periode 2021-2024. Acara ini berlangsung secara virtual dan dihadiri oleh berbagai perangkat daerah serta ASN di Provinsi Gorontalo, Kamis (17/3/2022).

Suhajar menuturkan, di tengah perkembangan yang ada, Provinsi Gorontalo bisa mentransformasikan organisasi pemerintahannya menjadi organisasi yang berorientasi pelayanan. Apalagi setelah diterbitkannya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Percepatan Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah.

“Mendagri sebagai pembina dan pengawas jalannya pemerintah daerah, (mengimbau) agar budaya kerja yang (ada di pemerintah daerah) berisi dengan karakter nilai-nilai, dan keyakinan ini betul-betul dapat dijadikan landasan kita dalam bekerja, (yakni) core values ASN BerAKHLAK,” katanya.

Dia menambahkan, di tengah dunia yang dilanda gelombang keempat revolusi industri 4.0, perubahan yang terjadi harus diantisipasi oleh para ASN. Pasalnya, bila hal itu tidak dilakukan maka para ASN akan tertinggal atau tergilas. Apalagi pemerintah memiliki cita-cita membentuk birokrasi yang berkelas dunia. Birokrasi kelas ini menurutnya mesti memberikan pelayanan yang cepat, pintar, murah, mudah, dan baik.



#Kemendagri #Dorong #Penguatan #Budaya #ASN #BerAKHLAK #Provinsi #Gorontalo

Sumber : fajar.co.id

Related posts