Presiden Zelensky Minta Bantuan di Kongres Amerika, Senat Justru Bilang ‘Jangan’

Presiden Zelensky Minta Bantuan di Kongres Amerika, Senat Justru Bilang ‘Jangan’

Lesartweek.com, JAKARTA — Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato di depan Kongres Amerika Serikat (AS) pada Rabu, 16 Maret 2022.

Pidatonya berisi permintaan bantuan pada Amerika dalam upaya melawan invasi Rusia di negaranya.

Pidato virtual Zelensky disampaikan pada pukul 13.00 GMT (22.00 WIB). Pidato disampaikan sehari usai dia berbicara di depan parlemen Kanada agar negara-negara Barat menjatuhkan sanksi lebih berat pada Rusia.

Negara Barat juga diminta menerapkan zona larangan terbang di atas Ukraina. Hal itu untuk mencegah serangan udara Rusia.

Namun itu ditolak Presiden AS Joe Biden dan aliansi NATO. Barat khawatir langkah itu dapat meningkatkan konflik.

Biden menekan undang-undang yang mendasari pemberian dana darurat senilai USD13,6 miliar kepada Ukraina untuk membantu negara itu mendapatkan senjata dan bantuan kemanusiaan.

Beberapa pekan terakhir Zelenskyy terus mencari dukungan bagi negaranya lewat berbagai pidato secara virtual kepada pihak asing, termasuk Parlemen Uni Eropa dan Parlemen Inggris.

Dukungan bagi Ukraina menjadi “barang langka” yang mempersatukan kelompok partai Republik dan Demokrat.

Dua kubu yang biasanya berseberangan di Kongres itu sama-sama mendesak Biden untuk bertindak lebih jauh membantu Ukraina.

Ada sejumlah dukungan bipartisan di Kongres agar AS mengirim jet-jet tempur ke Ukraina.

Ketua Republik di Senat Mitch McConnell pada Selasa mengatakan dia tidak berharap Zelenskyy meminta AS terlibat langsung atau zona larangan terbang.



#Presiden #Zelensky #Minta #Bantuan #Kongres #Amerika #Senat #Justru #Bilang #Jangan

Sumber : fajar.co.id

Related posts