Daftar Tunggu Umrah Jawa Barat Tembus 30 Ribu Orang

Daftar Tunggu Umrah Jawa Barat Tembus 30 Ribu Orang

Lesartweek.com, BANDUNG – Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat menyampaikan ada sekitar 30 ribu calon jemaah umrah di Jawa Barat yang mengalami penundaan pemberangkatan akibat pandemi Covid -19. Saat ini dengan kelonggaran peniadaan tes PCR dan karantina bagi jemaah, sejumlah travel perjalanan umrah akan kembali memberangkatan calon jemaah.

Kepala Seksi Penyelenggara Bina Haji Khusus Kantor Wilayah Kemenag Jabar Muhammad Iqbal mengatakan, dua tahun pandemi Covid-19 otomatis menghambat perjalanan calon jemaah Jabar yang akan menjalani haji kecil itu.

Apalagi Pemerintah Arab Saudi sangat ketat dalam membuka pintu keberangkatan ibadah umrah/haji bagi jemaah muslim di seluruh dunia. Namun, pada Oktober 2021 kemarin Pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali pintu bagi jemaah asal Indonesia yang akan menjalani umrah.“Sejak 8 Januari 2022 kemarin sampai saat ini ada beberapa perubahan mekanisme dan proses dalam menjalankan umrah/haji, salah satunya ialah pemantauan satu hari bagi jemaah setibanya dari Arab Saudi. Pemantaun ini untuk mengecek kesehatan,” kata Iqbal di Jalan Garuda, Bandung, Minggu (20/3).

Jemaah yang tiba dari Mekah tidak akan menjalani karantina, tetapi tetap dilakukan tes PCR. Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak pemberangkatan jemaah yang tertunda, sehingga penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) kini harus memberangkatan sesuai nomor antrean jemaah.

“Mekanismenya kini travel perjalanan harus memberangkatkan jemaah dari yang pertama daftar. Jadi, tidak bisa ada yang daftar sekarang langsung berangkat,” terangnya.



#Daftar #Tunggu #Umrah #Jawa #Barat #Tembus #Ribu #Orang

Sumber : fajar.co.id

Related posts