Khawatir Ditunggangi Pihak Ingin Perpanjang Masa Jabatan Presiden, PKS Dukung PDIP Tunda Amandemen UU

Khawatir Ditunggangi Pihak Ingin Perpanjang Masa Jabatan Presiden, PKS Dukung PDIP Tunda Amandemen UU

Lesartweek.com, JAKARTA — Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid sepakat dengan sikap Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, anggota DPD RI, dan para pakar HTN, untuk menunda pelaksanaan amandemen terbatas terkait pokok-pokok haluan negara (PPHN), hingga sesudah 2024.

Karena saat ini kondisi politik sudah tidak kondusif. Apalagi muncul kekhawatiran bahwa amandemen akan ditunggangi pihak-pihak yang ingin menunda Pemilu dan memperpanjang masa jabatan Presiden.

“Ini sikap yang bijak, sekalipun Fraksi PDIP MPR RI semula mendukung amandemen terbatas UUD untuk menghadirkan PPHN sesuai rekomendasi dari Pimpinan MPR periode sebelumnya. Tetapi karena mempertimbangkan dinamika politik kekinian yang tidak kondusif, apalagi ada pihak-pihak yang kabarnya akan menunggangi usulan amandemen terbatas, untuk menunda Pemilu dan atau memperpanjang masa jabatan Presiden, maka wajar bila sekarang pimpinan FPDI Perjuangan di MPR, yang juga Wakil Ketua MPR Ahmad Basharah, menyampaikan sikap fraksinya agar rencana amandemen itu ditunda, hingga selesainya periode MPR 2019-2024,” ujarnya melalui siaran pers di Jakarta, Senin (21/3/2022).

Hidayat Nur Wahid menegaskan PKS mendukung sikap terakhir FPDI Perjuangan ini, karena bersesuaian dengan sikap Fraksi PKS MPR.

Bahkan sejak periode yang lalu sudah menolak mengamandemen UUD untuk menghadirkan PPHN. FPKS MPR RI berpendapat untuk hadirkan PPHN cukup melalui UU yang diperkuat.

HNW sapaan akrab Hidayat Nur Wahid mengatakan, UUD 45 sebelum perubahan memang tidak mengatur secara rinci dan tegas soal tatacara perubahan terhadap UUD. Tetapi UUDNRI 1945 Pasal 37 ayat (1), (2), (3) & (4) yang berlaku semenjak 2002 sudah mengatur dengan jelas dan tegas soal rincian tatacara usulan perubahan terhadap UUDNRI 1945, sehingga sejak proses usulan amandemen harus jelas dan definitif termasuk materi yang ingin diamandemen. Dan itu menutup celah bisa hadirnya agenda yang disusupkan.



#Khawatir #Ditunggangi #Pihak #Ingin #Perpanjang #Masa #Jabatan #Presiden #PKS #Dukung #PDIP #Tunda #Amandemen

Sumber : fajar.co.id

Related posts