Pawang Hentikan Hujan di Mandalika? BMKG Akhirnya Buka Suara, Begini Penjelasannya

Aksi Pawang Hujan Mandalika Viral di Medsos, Jadi Trending Topik di Twitter

Lesartweek.com, JAKARTA — BMKG memberikan penjelasan soal momen hujan berhenti di Sirkuit Mandalika ketika pawang hujan Mbak Rara sedang bekerja di lintasan.

BMKG buka suara terkait pawang hujan Rara Istiani Wulandari atau Mbak Rara yang menjadi sorotan di perhelatan MotoGP Mandalika pada Minggu (20/3) sore.

Meskipun ada momen hujan berhenti saat pawang hujan bekerja, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto kepada wartawan, Senin (21/3/2022) mengatakan, itu merupakan kebetulan.

Dia mengatakan hujan berhenti karena faktor durasi hujan yang sudah selesai.

“Dan buktinya, kan dari awal pawang itu sudah bekerja, tapi kan nggak berhenti juga. Artinya itu jadi sebenarnya kemarin waktu berhentinya itu bukan karena pawang hujan, karena durasi waktunya sudah selesai,” jelasnya.

“Kalau dilihat prakiraan lengkap di tanggal itu memang selesai di jam itu. Kira-kira jam 16.15 itu sudah selesai, tinggal rintik-rintik itu bisa dilakukan balapan kalau dilihat dari prakiraan nasional analisis dampak yang kita miliki BMKG,” ujarnya lagi.

Guswanto kembali menegaskan pawang hujan itu merupakan kearifan lokal yang tidak bisa dicampur dengan sains.

“Sebenarnya kalau cerita tentang pawang hujan itu adalah kearifan lokal yang mereka miliki, dan itu tidak bisa dicampuradukkan dengan antara sains dan kearifan lokal,” imbuhnya.

“Ya sebenarnya kalau dilihat pawang hujan itu adalah suatu kearifan lokal yang dimiliki masyarakat. Secara saintis itu sulit untuk dijelaskan,” katanya lagi.



#Pawang #Hentikan #Hujan #Mandalika #BMKG #Akhirnya #Buka #Suara #Begini #Penjelasannya

Sumber : fajar.co.id

Related posts