Wapres Ma’ruf Amin Dukung Program Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pesantren

Wapres Ma’ruf Amin Dukung Program Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pesantren

Lesartweek.com, BANDUNG — Menjaga dan memakmurkan bumi merupakan perintah Allah subhanahu wa ta’ala kepada hambaNya, pengisi bumi. Untuk melaksanakan tugas tersebut, manusia dapat berkontribusi diantaranya melalui bidang pertanian dan perdagangan.

Oleh karena itu, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, yang memiliki kemampuan di bidang pertanian dan perdagangan, untuk dapat memakmurkan bumi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh wapres Ma’ruf Amin saat menghadiri acara Peluncuran Pilot Project Korporatisasi Pertanian dalam Mendukung Ekosistem Halal Value Chain Berbasis Kopontren, di Pondok Pesantren Al Ittifaq, Jalan Ciburial Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Kuncinya itu adalah sumber daya manusia yang unggul, SDM yang unggul, yang mengetahui, memiliki teknologi pertanian, perdagangan, perindustrian, dan sebagainya. Maka perlu diberi pelatihan-pelatihan agar mereka [menguasai]. Jadi itu juga persoalan memakmurkan bumi, mengembangkan ekonomi pertanian, itu amrun diniyun syar’iyyun, itu bagian syariah juga, dan itu juga merupakan bagian dari ibadah. Ini saya kira ini sama pentingnya dengan tugas yang lain,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin, Selasa (22/03/2022).

Lebih luas Wapres menyampaikan, selain untuk memakmurkan bumi, peran pesantren di bidang pertanian dan perdagangan juga sangat besar khususnya dalam memajukan ekonomi umat. Sebab, sesuai tiga fungsi pesantren yang tercantum dalam undang-undang, selain sebagai lembaga pendidikan dan dakwah, pesantren juga memiliki fungsi sebagai pemberdaya ekonomi masyarakat.



#Wapres #Maruf #Amin #Dukung #Program #Pemberdayaan #Ekonomi #Berbasis #Pesantren

Sumber : fajar.co.id

Related posts