Cara Ini Dinilai Efektif Mengantisipasi Kelangkaan Minyak Goreng

Pemerintah Resmi Bakal Subsidi Harga Minyak Goreng, Segini Harganya…

Lesartweek.com, JAKARTA — Ketua DPP Persatuan Aktivis dan Warga (Pandawa) Nusantara Hendi Saryanto menilai peristiwa kelangkaan minyak goreng di pasaran beberapa waktu lalu, merupakan pelajaran berharga.

Kelangkaan menjadi masalah besar, karena masyarakat ketergantungan terhadap minyak goreng yang diproduksi dari kelapa sawit.

Menurutnya, peristiwa yang sama mungkin saja terulang kembali. Karena itu, penting sebuah langkah antisipasi. Antara lain, memperbanyak produksi minyak goreng yang diolah dari kelapa.

“Indonesia punya potensi minyak kelapa, saya kira dalam hal ini perlu didukung BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) untuk mengembangkannya.BRIN harus dapat memberi solusi bagi masyarakat,” ujar Hendi dalam diskusi yang digelar Jakarta Journalist Center (JJC) dengan tajuk ‘Kupas Tuntas Amannya Minyak Goreng untuk Rakyat’ di Jakarta, Kamis (24/3).

Hendi optimistis BRIN dapat memfasilitasi hasil riset dari anak bangsa, sehingga membuahkan hasil yang sangat berguna bagi kesejahteraan masyarakat.

“BRIN harus dapat memfasilitasi inovasi UMKM dan implementasikannya,” kata Hendi.

Hendi lebih lanjut mengatakan, peran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam hal ini juga sangat dibutuhkan.

Dia meminta agar BPOM mempermudah pemberian izin bagi produk UMKM, misalnya minyak goreng yang dihasilkan dari kelapa.

Peneliti Kebijakan Publik IDP-LP Riko Noviantoro menyatakan pandangan senada. “Sebagai terobosan, BRIN harus ikut serta. Perguruan tinggi dan lembaga lain juga harus meneliti, sehingga minyak kelapa dengan nilai besar dan ideal dapat diproduksi,” kata Riko.(gir/jpnn)



#Cara #Ini #Dinilai #Efektif #Mengantisipasi #Kelangkaan #Minyak #Goreng

Sumber : fajar.co.id

Related posts