Dampak MotoGP Mandalika, Perputaran Uang Capai Rp43 Miliar

Dampak MotoGP Mandalika, Perputaran Uang Capai Rp43 Miliar

Lesartweek.com, MATARAM -Aktivitas perekonomian Kota Mataram mengalami peningkatan signifikan selama perhelatan MotoGP Mandalika akhir pekan lalu. Dari hasil survei akademisi Universitas Mataram Dr. Prayitno Basuki, perputaran uang selama perhelatan MotoGP di Kota Mataram mencapai Rp 43 miliar.

“Dari kajian yang disampaikan secara akademis oleh ekonom Unram, peredaran uang yang terjadi di Mataram saat perhelatan MotoGP kurang lebih sekitar Rp 43 miliar. Dilihat dari pergerakan sektor jasa dan perdagangan,” terang Kepala Dinas Kominfo Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa kepada Lombok Post, kemarin (23/3).

Sektor yang paling merasakan dampak MotoGP ini dijabarkan Suwandiasa adalah perhotelan, restoran atau kuliner dan cendera mata produk UMKM. Sektor ini paling menggeliat karena dari puluhan ribu warga yang menonton MotoGP di Sirkuit Mandalika, 30 sampai 40 persen menginap di Kota Mataram. Sehingga mereka pun membelanjakan uangnya di ibu kota provinsi NTB.

Banyaknya penonton MotoGP yang menginap di Mataram diyakini Suwandiasa akan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Karena perpuataran uang Rp 43 miliar itu baru sebatas aktivitas penonton hanya selama tiga hari selama event berlangsung. Belum termasuk peprutaran uang setelah perhelatan MotoGP.

“Karena setelah tanggal 20 pun masih banyak warga yang beraktivitas di Kota Mataram. Ada yang liburan atau tinggal sementara waktu untuk jalan-jalan,” bebernya.



#Dampak #MotoGP #Mandalika #Perputaran #Uang #Capai #Rp43 #Miliar

Sumber : fajar.co.id

Related posts