Menteri Luar Negeri China Kunjungan Pertama ke India, Ini Agendanya

Menteri Luar Negeri China Kunjungan Pertama ke India, Ini Agendanya

Lesartweek.com — Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mendarat di New Delhi pada Kamis malam (24/3).

Ini adalah kunjungan pertama sejak bentrokan perbatasan mematikan pada tahun 2020 yang memperburuk hubungan China dan India.

Seorang juru bicara kementerian menyampaikan kepada media Reuters, bahwa Wang akan bertemu Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, pada Jumat ini (25/3), sebelum nantinya terbang ke Nepal.

Sebelumnya, Wang mendapat teguran dari pemerintah India atas pernyataannya pada minggu ini di Pakistan, di wilayah sengketa Pakistan dan India, Kashmir.

India dan Pakistan menguasai sebagian Kashmir yang mayoritas Muslim tetapi mengklaim sepenuhnya, dan China umumnya mendukung sekutu dekat, Pakistan.

Hubungan antara China dan India juga telah memburuk setelah bentrokan perbatasan pada Juni 2020 di wilayah Ladakh di bekas negara bagian Jammu dan Kashmir di India yang menewaskan sedikitnya 20 tentara India dan empat tentara China.

Dalam pertemuan kali ini, kedua belah pihak diharapkan untuk berbicara tentang ketegangan perbatasan serta invasi Rusia ke Ukraina.

Dimana keduanya menganggap Rusia sebagai negara sahabat, dan telah menolak seruan Barat yang ‘mengutuk’ serangan Rusia kepada Ukraina yang disebut sebagai ‘operasi militer khusus’. (mg/fajar)



#Menteri #Luar #Negeri #China #Kunjungan #Pertama #India #Ini #Agendanya

Sumber : fajar.co.id

Related posts