Diungkap Doktor UIA Jakarta, Ini Alasan Muhammadiyah Gunakan Metode Hisab dalam Berpuasa dan Idulfitri

Diungkap Doktor UIA Jakarta, Ini Alasan Muhammadiyah Gunakan Metode Hisab dalam Berpuasa dan Idulfitri

Lesartweek.com — Muhammadiyah telah menetapkan awal dan akhir bulan Ramadan jauh-jauh hari sebelumnya. Sementara, pemerintah masih harus menunggu hasil sidang isbat dan pengamatan langsung hilal (bulan baru).

Terkait hal itu, salah seorang kader Muhammadiyah yang juga Mahasiswa Doktoral UIA Jakarta, M. Muttaqin, menuliskan pandangannya. Berikut petikannya:

Tulisan pendek ini saya tulis agar warga Muhammadiyah semakin mantap dalam memulai ibadah puasa dan Idul Fitri tahun ini. Juga untuk menjelaskan kepada yang anti dengan metode hisab dalam penentuan awal bulan, supaya bisa memahami dan saling menghargai pendapat.

Dalam pengajian Majlis Tabligh PP Muhammadiyah, Prof Dr Yunahar Ilyas (almarhum) menjelaskan pemahaman Muhammadiyah dalam penetapan awal bulan untuk menetapkan puasa Ramadan dan Idulfitri.

Perintah Nabi untuk ru’yatul hilal dalam hadits Nabi yang berbunyi:صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا الْعِدَّةَ ثَلَاثِينَ يَوْمًا“Berpuasalah kalian karena melihat hilal dan berbukalah karena melihatnya. Bila penglihatan kalian tertutup mendung maka sempurnakanlah bilangan (bulan Sya’ban) menjadi tiga puluh hari.” (HR. Muslim).perintah Nabi untuk ru’yatul hilal (melihat hilal dengan mata telanjang) itu ada illat hukumnya (sebab/kuasa). Hal ini bisa dilihat dalam hadits Nabi:إِنَّا أُمَّةٌ أُمِّيَّةٌ لا نَكْتُبُ ولا نَحْسُبُ الشَّهْرُ هَكَذَا وَهَكَذَا يَعْنِي مَرَّةً تِسْعَةً وَعِشْرِينَ وَمَرَّةً ثَلاثِينَ [رواه البخاري ومسلم].Sesungguhnya kami adalah umat yang ummi; kami tidak bisa menulis dan tidak bisa melakukan hisab. Bulan itu adalah demikian-demikian. Maksudnya adalah kadang-kadang dua puluh sembilan hari, dan kadang-kadang tiga puluh hari [HR. Bukhari dan Muslim].



#Diungkap #Doktor #UIA #Jakarta #Ini #Alasan #Muhammadiyah #Gunakan #Metode #Hisab #dalam #Berpuasa #dan #Idulfitri

Sumber : fajar.co.id

Related posts