Undang Vladimir Putin dalam KTT G20, Tidak Perlu Ikut Narasi Hegemonik Amerika dan Sekutunya

Presiden Rusia Vladimir Putin Ingin Hadiri KTT G20 di Bali Oktober Nanti

Lesartweek.com, JAKARTA — Sikap pemerintah Indonesia mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke dalam rapat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 mendapat kecaman dari sejumlah negara. Salah satu negara yang tidak suka dengan langkah Indonesia mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin adalah Australia.

Dalam sebuah pemberitaan, Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyatakan, keputusan Indonesia mengizikan kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam KTT G20 adalah langkah yang terlalu jauh. Bahkan Morrison mengatakan ia telah melakukan kontak langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang kehadiran Putin di G20.

Ketua Umum DPP GMNI Arjuna Putra Aldino, mengecam tindakan negara-negara barat seperti Amerika Serikat, Australia dan sekutunya yang mencoba mengintervensi bahkan menekan Pemerintah Indonesia agar mengeluarkan Rusia dari daftar tamu KTT G20. Menurut Arjuna, mereka tidak menghargai keputusan Pemerintah Indonesia sebagai negara yang berdaulat.

“Mereka teriak hak asasi, teriak demokrasi. Tapi sekarang mereka praktikkan totalitarianisme global. Mereka coba tekan pemerintah Indonesia agar mengambil keputusan sesuai kehendak dan kepentingan mereka. Hipokrit!,” kata Arjuna dalam keterangannya, Minggu (27/3).

Arjuna berujar, tindakan barat yang menginginkan semua negara menghukum Rusia tidak menghargai kedaulatan negara-negara lain, untuk menilai perang Rusia-Ukraina sesuai dengan perspektif kepentingan nasionalnya. Hal ini menunjukkan adanya sindrom kekuasaan kompleks (authority complex) dari negara-negara barat untuk memaksa cara pandangnya sebagai cara pandang global.



#Undang #Vladimir #Putin #dalam #KTT #G20 #Tidak #Perlu #Ikut #Narasi #Hegemonik #Amerika #dan #Sekutunya

Sumber : fajar.co.id

Related posts