Terima Duta Besar Turki untuk Indonesia, Bamsoet Dukung Turki Fasilitasi Pertemuan Delegasi Rusia-Ukraina

Terima Duta Besar Turki untuk Indonesia, Bamsoet Dukung Turki Fasilitasi Pertemuan Delegasi Rusia-Ukraina

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi peran Turki dibawah kepemimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan yang memfasilitasi pertemuan antara delegasi Rusia dan Ukraina pada 28-30 Maret 2022 untuk mencari jalan keluar terbaik bagi penyelesaian ketegangan yang terjadi di antara Rusia dan Ukraina.

Dunia berharap pertemuan delegasi Rusia dan Ukraina di Turki bisa menghasilkan sesuatu yang positif. Mengingat dalam pembicaraan tingkat atas pada 10 Maret lalu, Rusia dan Ukraina belum menemui satu kesepakatan meskipun ada beberapa yang telah berprogres.

“Sebagai bagian dari komunitas global yang kini menjadi pemimpin G-20, Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo terus mendukung penyelesaian ketegangan antara Rusia dengan Ukraina. Hal ini sejalan dengan amanat pembukaan UUD NRI 1945, bahwa salah satu tujuan berdirinya Indonesia adalah untuk ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” ujar Bamsoet usai menerima Duta Besar Turki untuk Indonesia, H.E. Mrs Askin Aksan, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, di Jakarta, Senin (28/3/22).

Bamsoet juga mendukung agar kerjasama pertahanan antara Indonesia dengan Turki bisa semakin ditingkatkan. Terlebih setalah diresmikannya 10 unit produksi tank kelas medium, Harimau, di pabrik FNSS di Ankara, Turki pada Rabu (16/03/2022).

Tank kelas medium yang kerjasamanya mulai digagas pada tahun 2010 ini, sepenuhnya didesain dan dikembangkan oleh dua perusahaan industri kendaraan lapis baja terbaik di Indonesia dan Turki, yaitu FNSS (Turki) dan PT PINDAD (Indonesia).



#Terima #Duta #Besar #Turki #untuk #Indonesia #Bamsoet #Dukung #Turki #Fasilitasi #Pertemuan #Delegasi #RusiaUkraina

Sumber : fajar.co.id

Related posts