Tindak Tegas Anggotanya karena Terlibat Kasus Ini, Irjen Rikwanto: Pasti Kami Proses Hukum Pelakunya

Tindak Tegas Anggotanya karena Terlibat Kasus Ini, Irjen Rikwanto: Pasti Kami Proses Hukum Pelakunya

Lesartweek.com, KALSEL — Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Rikwanto memerintahkan anggotanya untuk mencegah terjadinya pembalakan liar atau penebangan pohon tanpa izin.

Rikwanto tidak ingin ada masyarakat atau pengusaha yang mengeruk keuntungan pribadi dari penebangan hutan. “Hutan di Kalsel ini harus diselamatkan, saya sudah perintahkan anggota di fungsi tugas terkait untuk menindak tegas pelaku pembalakan liar,” kata Rikwanto di Banjarmasin, Sabtu (2/4).

Eks Karopenmas Divisi Humas Polri itu menerangkan pihaknya akan mengawasi dari hulu hingga ke hilir.

Dia juga menggandeng pihak terkait untuk membuat sistem penyelamatan kawasan hutan yang terintegrasi.

Seperti dalam hal penegakan hukum, Rikwanto menyebut pihaknya selalu berkoordinasi dengan dinas terkait agar tidak salah langkah guna memastikan tindakan yang dilakukan sudah benar.”Kalau sudah dipastikan legalitas perizinannya tidak terpenuhi, maka pasti kami tindak dan proses hukum pelakunya,” ujar jenderal bintang dua itu.

Jenderal kelahiran Medan itu menegaskan tak ada ruang bagi pembalakan liar baik kegiatan penebangan, pengangkutan maupun penjualan kayu olahannya yang terbukti melanggar aturan.

Seperti yang dilakukan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalsel pada 7 Maret 2022 lalu dengan menangkap dua kapal pengangkut 245 potong kayu bulat dan 5.370 keping atau 76,4352 meter kubik kayu olahan tanpa izin. Selain tiga warga sipil, satu oknum anggota Polres Hulu Sungai Utara juga turut diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka.



#Tindak #Tegas #Anggotanya #karena #Terlibat #Kasus #Ini #Irjen #Rikwanto #Pasti #Kami #Proses #Hukum #Pelakunya

Sumber : fajar.co.id

Related posts