Salat Jumat Pertama Ramadan, Puluhan Ribu Umat Islam Padati Masjid Al Aqsa Palestina

Salat Jumat Pertama Ramadan, Puluhan Ribu Umat Islam Padati Masjid Al Aqsa Palestina

Lesartweek.com — Puluhan ribu Muslim berbondong-bondong ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem pada Jumat (8/4) pertama Ramadan untuk menunaikan salat Jumat.

Ibadah itu dilaporkan berlangsung damai di tengah kekhawatiran akan kekerasan berulang antara warga Israel dan Palestina, yang pecah tahun lalu selama bulan suci umat Islam tersebut.

Sejak pagi, penduduk kota, seperti Bethlehem dan Ramallah di Tepi Barat yang dijajah, berbaris di pos pemeriksaan Israel untuk mengunjungi Al Aqsa. Setelah dua tahun pembatasan Covid-19, Israel telah mengizinkan beberapa warga Palestina dari Tepi Barat yang mengantongi izin perjalanan untuk memasuki Yerusalem.

Namun, ketegangan kembali meningkat di kota suci umat Kristen, Yahudi, dan Islam itu. Seorang pria bersenjata warga Palestina menembak mati dua orang di sebuah bar di Tel Aviv pada Kamis (7/4/2022).

Kejadian itu merupakan yang terbaru dalam serangkaian serangan maut di Israel. ’’Kami berpikir mereka (Israel) tidak akan membiarkan kami masuk karena terakhir ada peningkatan ketegangan, tapi syukurlah semua baik-baik saja,” kata Hussein Abayat dari Bethlehem. ’’Al Aqsa adalah hal yang paling berharga yang kami punya, kami melakukan apa pun semampu kami untuk mengunjunginya dan selebihnya kami serahkan kepada Tuhan,” katanya.

’’Pasukan Israel dalam siaga satu di seluruh negeri dan tidak akan ada batasan dalam perjuangan mereka untuk “memberantas terror,” kata Perdana Menteri Israel Naftali Bennett dalam pernyataannya.



#Salat #Jumat #Pertama #Ramadan #Puluhan #Ribu #Umat #Islam #Padati #Masjid #Aqsa #Palestina

Sumber : fajar.co.id

Related posts