Arab Saudi Sediakan 1 Juta Kouta Haji, Indonesia Diperkirakan Dapat Jatah 70 Ribu Jemaah

Arab Saudi Sediakan 1 Juta Kouta Haji, Indonesia Diperkirakan Dapat Jatah 70 Ribu Jemaah

Lesartweek.com, JAKARTA — Pemerintah Arab Saudi akhirnya mengumumkan kuota haji 2022. Total satu juta kuota haji disiapkan untuk jamaah dari dalam dan luar Saudi. Kuota untuk masing-masing negara belum ditetapkan, tetapi Indonesia diperkirakan dapat jatah 70 ribu jamaah.

Kabar adanya kuota haji 2022 itu disampaikan Kabid Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Zaki Zakaria Ansyari di Jakarta kemarin (9/4). ’’Selain mengumumkan kuota haji 2022 sebanyak satu juta jamaah, Saudi juga menyampaikan syarat-syaratnya,’’ katanya. Antara lain, jamaah haji 2022 harus berusia di bawah 65 tahun. Dengan demikian, jamaah dengan usia 65 tahun ke atas diminta bersabar dahulu.

Syarat berikutnya, harus sudah divaksin Covid-19 secara lengkap. Lalu, menunjukkan hasil swab PCR negatif maksimal 72 jam sebelum keberangkatan. ’’Selama di Saudi, jamaah haji harus mematuhi protokol kesehatan,’’ ujarnya.

Zaki lantas menjelaskan soal kuota haji untuk Indonesia. Dia menegaskan, Saudi baru sebatas mengumumkan kuota total jamaah haji saja. Sedangkan perinciannya belum disampaikan. Meski begitu, Zaki memperkirakan kuota haji Indonesia tahun ini sekitar 70 ribu orang. Angka itu didapatkan dari kuota haji Indonesia selama ini yang sekitar 10 persen dari kuota haji di luar negara Saudi.

Kemudian, Zaki mengasumsikan kuota haji internasional tahun ini sebanyak 70 persen dan kuota haji dalam negeri Saudi 30 persen. ’’Maka, insya Allah Indonesia mendapatkan kuota sekitar 70 ribu orang,’’ tuturnya.



#Arab #Saudi #Sediakan #Juta #Kouta #Haji #Indonesia #Diperkirakan #Dapat #Jatah #Ribu #Jemaah

Sumber : fajar.co.id

Related posts