Perhatikan Makanan Ini, Agar Kondisi Usus Sehat Saat Berpuasa

Perhatikan Makanan Ini, Agar Kondisi Usus Sehat Saat Berpuasa

Lesartweek.com, JAKARTA — Berpuasa, bikin kurang asupan gizi yang baik buat tubuh, efeknya bisa bikin kondisi lambung dan usus tidak sehat karena asupan gizi yang kurang baik, dan dampaknya pencernaan jadi kurang sehat.

Kesehatan usus tidak kalah penting dengan kesehatan bagian tubuh lainnya, mengingat akan ada banyak dampak negatif jika kamu tidak menjaga kesehatan usus. Mulai dari kembung, sakit perut, hingga sembelit bisa terjadi jika kamu tidak memperhatikan kesehatan usus.

Dilansir dari Reader’s Digest, Sabtu (16/4/2022), ini dia cara untuk menjaga kesehatan usus adalah dengan memilih makanan yang bermanfaaat bagi kesehatan usus.

  1. Asparagus

“Asparagus mengandung serat prebiotik yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk bakteri baikyang ada di saluran pencernaan,” kata Mike Roussell, PhD, salah satu pendiri Neuro Coffee.

“Prebiotik, yang ditemukan dalam makanan berserat tinggi lainnya, sangat berbeda dari probiotik, yang merupakan bakteri itu sendiri,” kata Roussell.

Probiotik membutuhkan makanan sehat yang bermanfaat untuk dimakan ketika berada di perut. Sedangkan prebiotik bertindak sebagai sumber makanan yang baik untuk bakteri di usus.

  1. Bluberi

Buah atau sayuran yang kaya warna, seperti bluberi, delima, dan bit, adalah sumber yang kaya akan antosianin, yaitu sejenis antioksidan. Antosianin mengandung beberapa manfaat kesehatan tetapi mereka juga kurang diserap di saluran pencernaan.



#Perhatikan #Makanan #Ini #Agar #Kondisi #Usus #Sehat #Saat #Berpuasa

Sumber : fajar.co.id

Related posts