Survei PWS: Siapapun Lawannya, Prabowo Tetap Menang Pilpres

Survei PWS: Siapapun Lawannya, Prabowo Tetap Menang Pilpres

Lesartweek.com, JAKARTA — Lembaga survei Political Weather Station (PWS) merilis hasil survei nasional terkait calon presiden dan wakil presiden yang digelar pada 1 sampai 11 April 2022 di seluruh provinsi di Indonesia

Hasilnya elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di posisi puncak sebagai calon presiden (capres) 2024-2029 jika pemilihan presiden (pilpres) dilakukan hari ini.

Survei ini bertajuk ‘Perkembangan Elektabilitas Capres dan Simulasi Capres-Cawapres Terbaik Menurut Preferensi Publik’, dirilis pada Jumat (15/4/2022).

Peneliti Senior PWS, Mohammad Tidzi membeberkan sebanyak 24,5 persen publik menyebut nama Prabowo Subianto.

Lalu muncul nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 17,2 persen, lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 15,9 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan 6,5 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 5,9 persen.

Tidzi menambahkan, elektabilitas Prabowo Subianto bahkan meningkat menjadi 26,5 persen dalam pertanyaan tertutup simulasi 16 nama calon presiden.

Sementara elektabilitas Ganjar dan Anies cenderung tidak berbeda jauh dengan dalam pertanyaan terbuka.

“Ada kecenderungan semakin sedikit jumlah capres semakin menguat elektabilitas Prabowo Subianto sehingga peluangnya untuk memenangkan Pilpres 2024 juga semakin terbuka lebar,” terangnya dalam konfrensi pers di Jakarta.

Misalnya saja dalam simulasi tujuh nama, elektabilitas Prabowo sebesar naik ke angka 29,2 persen. Sementara dalam simulasi lima nama elektabilitas menteri pertahanan itu naik lagi menjadi 32,8 persen.



#Survei #PWS #Siapapun #Lawannya #Prabowo #Tetap #Menang #Pilpres

Sumber : fajar.co.id

Related posts