Bakteri yang Cemari Cokelat Kinder Joy Bisa Bikin Tipes, Ini Tips Mencegah dan Mengobati

Bakteri yang Cemari Cokelat Kinder Joy Bisa Bikin Tipes, Ini Tips Mencegah dan Mengobati

Lesartweek.com — Bakteri Salmonella Thyposa atau penyebab penyakit tipes mencemari cokelat telur asal Belgia. Yakni cokelat Kinder dengan brand Kinder Surprise.

Untuk menjamin kehati-hatian, brand Kinder Joy juga ditarik dari pasaran oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Bakteri tersebut dikenal sebagai bakteri pencernaan yang dapat membuat penderita merasa demam, mual, muntah, hingga sakit perut.

Ahli Spesialis Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam mengatakan, seseorang pengidap sakit tipes bisa sampai dirawat di rumah sakit jika sudah dehidrasi berat. Akan tetapi tak menutup kemungkinan bisa juga dirawat jalan di rumah.

Pengobatan saat Dirawat di Rumah

Jika dirawat jalan di rumah, pasien harus mengonsumsi makanan lembut seperti bubur atau makanan berkuah seperti sop. Selain antibiotik, pasien akan mendapatkan obat tambahan lain sesuai keluhan. Misalnya obat mual, demam, dan obat lambung.

”Bisa saja dirawat di rumah jika belum dehidrasi dan cenderung masih ringan,” kata Ari.

Pengobatan saat Dirawat di RS

Pasien diberikan cairan infus, tambahan makanan melalui infus, obat-obatan melalui infus, dan juga berbagai obat-obatan lain sesuai dengan keluhan. Pasien dirawat di rumah sakit jika sudah berat dan mengalami dehidrasi karena mual muntahnya.

”Penyakit ini terjadinya di usus, harus pandai-pandai memilih makanan yang dikonsumsi,” jelas Ari.



#Bakteri #yang #Cemari #Cokelat #Kinder #Joy #Bisa #Bikin #Tipes #Ini #Tips #Mencegah #dan #Mengobati

Sumber : fajar.co.id

Related posts