Kita Menuju Pemulihan Ekonomi, Tapi Tak Mulus dan Mudah

Kita Menuju Pemulihan Ekonomi, Tapi Tak Mulus dan Mudah

Lesartweek.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan saat ini kondisi perekonomian Indonesia dalam jalur pemulihan yang cukup baik usai diterjang badai Covid-19.

Read More

Namun, kata dia, jalur pemulihan yang ditempuh ini bukan jalur yang mulus dan mudah, banyak tantangan dan hambatan yang mesti dilalui.

“Kita melihat pemulihan terjadi saat ini. Indonesia sedang menuju track pembangunan. Namun pemulihan bukan proses mulus dan mudah, banyak guncangan dalam jalur pulihan itu,” kata Sri Mulyani dalam acara Dies Natalis ke-46 yang disiarkan dalam akun YouTube Universitas Sebelas Maret (UNS), Jumat (11/3/2022).

Apalagi, transisi pandemi ke endemi saat ini terjadi hampir tidak merata karena timpangnya capaian vaksinasi global.

Baca Juga:
Dianggap Sukses dengan Kebijakan Fiskal yang Berkeadilan, Sri Mulyani dapat Penghargaan dari UNS

“Kondisi ini menyebabkan pemulihan ekonomi tidak bisa dilakukan secara bersamaan,” ucapnya.

Selain ketidakmerataan endemi, tantangan lain adalah gejolak geopolitik global yang membuat stabilitas harga komoditas pangan dan energi dunia ikut terganggu.

Invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina telah membuat rantai pasok global terganggu dan imbasnya harga komoditas mengalami kenaikan.

“Kenaikan harga-harga komoditas meningkat secara ekstrem beberapa waktu ke belakang membuat inflasi juga mengalami kenaikan,” katanya.

Tak hanya itu masalah lain yang dihadapi dunia adalah ancaman perubahan iklim yang semakin nyata dan dekat.

Baca Juga:
Sri Mulyani Senang Kalau Ada Crazy Rich Pamer Harta di Medsos, Mau Dihitung Pajaknya

“Ancaman perubahan iklim juga harus disiapkan secara dini, baik dari sisi policy, teknologi, maupun keuangannya,” ucap Sri Mulyani.



#Kita #Menuju #Pemulihan #Ekonomi #Tapi #Tak #Mulus #dan #Mudah

Sumber : www.suara.com

Related posts