Sejarah, Camping Bareng Presiden Jokowi, Hingga Ritual Adat Menyambut Pembangunan IKN Nusantara

Sejarah, Camping Bareng Presiden Jokowi, Hingga Ritual Adat Menyambut Pembangunan IKN Nusantara

Lesartweek.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) akan berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Rencananya, Kepala Negara sudah berkemah pada hari ini, Minggu 13 Maret hingga Senin 14 Maret 2022.

Gubernur Kaltim, Isran Noor memastikan, sarana dan prasarana sudah 100 persen siap. Hal itu mulai dari jaringan listrik, telekomunikasi, hingga tenda yang akan dipakai presiden menginap.

“Alhamdulillah persiapan sudah dikerjakan, dan pada hari H nya nanti sudah 100 persen dan kemahnya sudah dapat dipergunakan presiden beserta rombongan,” ujar Isran di laman Instagram resmi Pemprov Kaltim, Minggu (13/3/2022).

Persiapan tersebut melibatkan kerja sama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, serta dibantu pihak TNI-Polri. “Ini berkat kerja sama Sekretariat Negara dan pihak-pihak terkait seperti Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim, terutama persiapan kemah yang akan ditempati Presiden Joko Widodo,” katanya.

Isran juga menjelaskan dalam acara kemah itu turut mengundang gubernur dari seluruh Indonesia. Kendati demikian, hanya lima gubernur di Pulau Kalimantan yang ikut menginap bersama Presiden Jokowi. Lima gubernur yang dimaksud yaitu Gubernur Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara.

“Karena ini Ibu Kota Negara Nusantara, maka tamu (gubernur) akan memakai pakaian adat nusantara dari masing-masing provinsi. Namun rencananya gubernur yang akan menginap berkemah bersama presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan,” ujarnya.



#Sejarah #Camping #Bareng #Presiden #Jokowi #Hingga #Ritual #Adat #Menyambut #Pembangunan #IKN #Nusantara

Sumber : fajar.co.id

Related posts