Mengenal Aleksitimia, Perilaku Sulit Mengeluarkan Emosi dan Ekspresi

Mengenal Aleksitimia, Perilaku Sulit Mengeluarkan Emosi dan Ekspresi

Lesartweek.com, JAKARTA — Setiap orang pastinya memiliki berbagai warna emosi yang terkadang senang, sedih, bahagia, cemas, marah, dan kecewa.

Namun, tahukah kamu ada beberapa orang yang ternyata tidak bisa mengeluarkan emosinya. Keadaan tersebut dinamakan aleksitimia.

Apa sih Alekstimia itu? Aleksitimia merupakan keadaan seseorang yang tidak bisa mengenali dan mengungkapkan emosi yang dimilikinya.

“Bahwa Orang yang mengidap aleksitimia sulit menemukan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan expresinya, mereka menyadari bahwa ada hal baik yang sedang terjadi namun sinyal dari tubuh mereka kesulitan untuk mengidentifikasi dan mengekspresikannya,” papar dr. Deta Yulianti Okta

Bagi sebagian orang, mendapatkan hal-hal baik tentu akan membuat mereka kesenangan, namun pada pengidap alekstimia justru merasa biasa saja.

Pengidap aleksitimia beranggapan, kondisi yang mereka alami tidak menjadi masalah. Tapi tanpa mereka sadari, mereka akan menjadi sulit bersosialisasi dengan lingkungannya.

“Orang dengan aleksitimia akan kesulitan mempertahankan hubungannya dengan orang lain dan juga akan kesulitan mengambil peran dalam sebuah hubungan atau kegiatan sosial. mereka biasanya dianggap dingin dan tak berperasaan,” ujar dr. Deta Yulianti Okta.

Selain kesulitan dalam bersosialisasi, orang dengan aleksitimia akan sulit termotivasi. Pasalnya, sebuah motivasi akan muncul ketika kamu mengetahui sesuatu yang bisa membuatmu merasa puas, senang, dan bangga, sehingga ada keinginan untuk mencapai sesuatu. Namun apabila kamu tidak bisa merasakan emosi seperti itu, motivasi akan sulit muncul.



#Mengenal #Aleksitimia #Perilaku #Sulit #Mengeluarkan #Emosi #dan #Ekspresi

Sumber : fajar.co.id

Related posts