Arti dalam Perdagangan, Fungsi dan Peran di Pasar Berjangka

Arti dalam Perdagangan, Fungsi dan Peran di Pasar Berjangka

Lesartweek.com – Dalam dunia industri kita sering mendengar kata komersial atau komersialisasi. Menurut KBBI, kemersial adalah hal-hal yang berhubungan dengan niaga. Dengan begitu ketika kita menyebutkan barang-barang komersil itu artinya adalah barang yang diniagakan atau diperdagangkan. Tujuan komersil juga merupakan tujuan yang berkaitan dengan uang atau perdagangan. 

Secara lebih rinci, Investopedia menjelaskan kahwa komersial berkaitan dengan perdagangan atau aktivitas bisnis umum. Di bidang investasi, istilah komersial digunakan untuk merujuk pada perdagangan komersial atau entitas yang terlibat dalam kegiatan bisnis yang dilindungi oleh pasar. Sebaliknya, badan amal dan nirlaba, serta lembaga pemerintah biasanya beroperasi secara non-komersial.

Kegiatan komersial adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk pertukaran di pasar dan mendapatkan keuntungan ekonomi. Misalnya, perbankan komersial mengacu pada kegiatan perbankan yang berfokus pada bisnis, dibandingkan dengan perbankan konsumen atau ritel yang berhubungan dengan kebutuhan keuangan individu.

Entitas komersial memainkan peran aktif di pasar berjangka, mulai dari produksi awal hingga penjualan akhir. Sementara istilah ini juga banyak digunakan di bidang keuangan dan kehidupan sehari-hari lainnya, umumnya menunjukkan aktivitas yang berkaitan dengan bisnis atau yang memiliki motif keuntungan.

Baca Juga:
Gojek-TBS Electrum Uji Coba Komersial Sepeda Motor Listrik bersama Pertamina, Gogoro, dan Gesits

Produsen memiliki posisi komersial untuk melindungi harga komoditas dan mengurangi eksposur mereka terhadap risiko harga komoditas.

Istilah komersial juga digunakan untuk mengidentifikasi entitas institusional besar yang merupakan peserta tetap di pasar tertentu dan memiliki skala yang cukup besar. Kebalikan dari peserta komersial cenderung menjadi peserta ritel, yang sering digunakan untuk mengidentifikasi perusahaan kecil atau bahkan individu di pasar tertentu.

Perusahaan dengan tujuan komersial dapat memenuhi skala ekonomi lebih mudah dan lebih cepat karena mereka memiliki ukuran dan keuntungan modal. Hal ini memungkinkan perusahaan-perusahaan ini untuk dapat memproduksi barang dan jasa dalam skala yang lebih besar dengan modal yang disesuaikan.

Demikian pengertian dan penjelasan mengenai komersial. Sama seperti hal-hal lain yang berhubungan dengan uang, kegiatan komersial biasanya mengorbankan kepentingan lain seperti lingkungan, ilmu pengetahuan, dan pendidikan.

Untuk itu, regulasi atau individu harus mampu memberi filter terhadap kegiatan komersial agar tidak merugikan kepentingan-kepentingan lain. 

Baca Juga:
Mengenal Kawasan Silir Solo: Dulu Tempat Lokalisasi Legendaris, Kini Jadi Wilayah Ekonomi



#Arti #dalam #Perdagangan #Fungsi #dan #Peran #Pasar #Berjangka

Sumber : www.suara.com

Related posts